Sabtu, 14 Januari 2017

Persiapan Backpacking ke Korea Selatan

Panduan untuk travelling ke korea selatan udah bejibun banyaknya. Buku-buku tentang bagaimana cara backpacker hemat juga banyak sekali dan mudah di temukan di berbagai toko buku. Yang mengaku traveller pasti sudah pernah mengunjungi negeri ini, mulai dari tour sampai backpacker. Selain karena negara ini sempat booming karena k-pop dan k-drama, negara ini ternyata ramah sekali dengan turis. Ya... aku bakal membagi sedikit pengalamanku di sini walaupun, pasti travel blogger yang lebih profesional sudah banyak menuliskan berbagai hal. Aku cuma pengin menuliskan biar perasaan bahagia saat liburan ke negeri kimchi itu hadir lagi...karena sedang stress. Tapi, berharap semoga bermanfaat.

Paspor cantik yang isinya baru visa dan cap korsel :p

Setelah masalah visa kemarin (lihat di  sini) persiapan untuk pergi ke sana adalah jangan lupa berkunjung ke web resmi  pariwisata korea selatan. Dengan buka web itu kita bisa ke sana tanpa takut tersesat, seperti yang aku bilang negara ini termasuk mudah untuk jadi kunjungan pertama para traveller pemula karena sangat 'tourist-friendly'. Dan menurutku indonesia perlu mencontoh bagaimana cara korea mempromosikan pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan karena sebenarnya indonesia adalah negara yang super duper indah dengan kekayaan alamnya, gak kalah sama korea selatan.


Web resmi nya adalah :
1. Korean Tourism Organization
Di sini kamu bisa nemuin semuanya. Mulai dari apa aja yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke Korea Selatan, tempat wisata apa aja yang di sana, jadwal transportasi, tempat makan, festival apa yang lagi diadakan di sana dan macem-macemnya. Yang lebih enak lagi di setiap informasi tempat wisatanya selalu ada petunjuk arah dan rata-rata semua tempat wisata dilalui sama transportasi umum. Jadi gak usah takut tersesat kalau jalan-jalan ke korea (lebih tepatnya seoul sih) meskipun gak bisa bahasa korea dan sendirian. Salah satu temanku pun sebelumnya pernah ke sini buat backpacker sendirian. Padahal dia baru pertama kali ke luar negeri dan... selamat. Sepertinya cukup buka web ini untuk bikin itinerary.

2. Visit Seoul
Kalau ini khusus untuk kalian yang mau mengelilingi Seoul. Aku sih jarang buka web ini karena lebih suka buka web KTO yang lebih mudah dipahami.

Setelah buka-buka web dan searching di banyak blog tentang korea selatan selanjutnya adalah bikin jadwal perjalanan. Untuk bikin jadwal perjalanan gak susah karena sudah banyak contohnya di internet. Jadi gak begitu bingung mau kemana dulu biar jadwalnya nanti gak bikin kita harus bolak-balik (Walaupun akhirnya kita tetap bolak-balik juga). Untuk jadwal perjalanan, kita menentukan dulu mau jalan ke kota mana aja sambil pesan tiket transportasi. Pilihan kita yang di luar seoul ada 4 yaitu Busan, Jeju, Gyeonggi-do (Itu lho tempatnya Nami-seom alias pulau Nami), Sokcho (Daerah dimana kita bisa lihat seorak-san atau mount seorak). Lha setelah itu kita cari tahu gimana caranya bisa pergi ke 4 daerah itu. Untuk  Gyeonggi-do dan Sokcho bisa pakai subway lanjut bus. Kalau di jeju kita memilih naik pesawat tentu saja, terus ke busan bisa pakai kereta (ingat film train to busan?) awalnya sih mau milih salah satu biar bisa hemat tapi akhirnya kita tetap pilih dua-duanya dengan cara dari seoul-jeju naik pesawat balik dari jeju kita gak ke seoul tapi ke busan, yang waktu itu  harga PP Seoul-Jeju-Seoul sama kayak  Seoul-Jeju-Busan. Untuk balik dari Busan ke Seoul kita naik kereta. Itu kenapa kita bikin itinerary fix -nya setelah dapat transportasi, karena buat bisa tahu tanggal mana yang harga pesawatnya bisa dapat murah haha. Waktu itu kita pilih pesawatnya Jeju Air dengan harga Seoul-Jeju 30.000KRW (360.000 rupiah) dan Jeju-Busan 21.000KRW (252.000 rupiah). Terus buat pulang ke seoulnya kita pilih tiket kereta yang ekonomi, namanya mugunghwa dengan harga tiket 28.500KRW (343.000 rupiah). Murah banget kan? kita bisa ke dua kota dengan ngeluarin duit kurang dari satu juta pulang-pergi.

Buat pesan tiket kereta Busan-Seoul kita bisa berkunjung ke http://www.letskorail.com/

Setelah  urusan transportasi selesai sekarang kita sudah tahu di tanggal berapa aja kita akan ke luar kota. Selanjutnya kite tentukan nih mau kemana aja kita selama di sana. Menurutku ini yang paling asyik karena udah bisa bayangin sebentar lagi kita bakal bisa berkunjung ke tempat-tempat itu. Jangan lupa saat bikin jadwal perjalanannya, kita tuliskan juga bagaimana cara kita ke sana. Untuk di seoul sendiri kita bakal banyak pakai subway atau seoul metro, cari di internet dan tulis di stasiun mana kalian harus berangkat dan turun jangan lupa nomer line dan exitnya. Jadi saat kita nanti di sana gak perlu ribet buat cari jalan, tinggal lihat aja ke itinerary yang udah kita bikin. Untuk lebih mudahnya lagi kalau nanti jadwal berubah sewaktu-waktu  adalah download map rute subway : Seoul Metro Subway Map and Route di android kalian.
 
Ini penampakan seoul subway *Abaikan muka lusuhku setelah 8 jam perjalanan*

Yakin deh jalan-jalan di Seoul itu gampang banget, jarang bisa kesasar. Meskipun orangnya banyak yang gak bisa bahasa inggris (mirisnya di bandara aja petugasnya ada yang bahasa inggrisnya gak lancar) tapi tulisan di sepanjang jalan ada Englishnya semua.

Selain nulis nomer line subway dan nomer bus kita perlu juga kasih estimation cost di jadwal perjalanan, minimal ada harga tiket masuk tempat wisata. O ya kabar gembiranya selain di Korea banyak tempat yang free entry kalau pergi ke sana jangan lupa nyari yang namanya kupon diskon. Ya, banyak tersedia kupon diskon yang bisa di download dan istimewanya adalah buat turis mancanegara. Itu makanya aku bilang Indonesia seharusnya meniru pemasaran pariwisata Korea Selatan untuk menarik wisatawan, bukan malah menarik harga yang mahal untuk turis dari luar negeri.

Kalian bisa mendapatkan kupon diskonan di :
1. http://english.visitkorea.or.kr/IngEventMain.kto?func_name=couponList&lang_se=ENG
2. http://vkc.or.kr/en/special-offers/discount-coupons/  
3. https://www.trazy.com/discount-coupon/seoul-korea  
4. http://seoultravelpass.com/travelpass/_html/coupon.php

Kupon itu bermanfaat banget buat orang yang modal dikit kayak aku. Di sela-sela bikin itinerary kita sambil nyari penginapan yang murah (Karena backpacking moto kita adalah : semakin murah semakin menyenangkan) lewat salah satu online travel agent. Kita cari penginapan di dua tempat yaitu di seoul dan di pulau Jeju, karena di busan kita mau bermalam di kereta (ini juga biar hemat ongkos). Akhirnya kita memilih Kimchee Downtown Guest House untuk yang di seoul dan Jeju Starjjang Airport House untuk yang di Jeju-do. Alasan kita memilih adalah karena katanya Guest Housenya dekat sama stasiun seoul subway yaitu di chungjeongno station dan emang dekat banget, gak ada lima menit jalan kaki sudah sampai di station. Kalau yang di jeju tentu saja karena lumayan dekat dengan airportnya. Review buat dua Guest House ini adalah GOOD! ya, selain bersih dan nyaman tempatnya juga stratagis walaupun ada kejadian sedikit lucu saat mencari GH yang di jeju (Nanti aku ceritakan saat bikin post tentang Jeju Island). Sayang seratus sayang (karena seribu kebanyakan) aku gak foto penampakan dari kedua GH itu. 
 
Kimchi Downtown Guest House (saya ambil dari google yang penampakannya paling mirip aslinya)
Star Jjang Jeju Airport House (Saya ambil juga dari Google)

Setelah mencari penginapan selanjutnya adalah packing. Apa aja yang perlu dibawa? Kayaknya biasa aja sih, cukup kayak yang kalian bawa kalau mau jalan-jalan. Jangan lupa lihat perkiraan cuaca untuk memastikan pakaian yang cocok untuk suhu udara di sana. Kalau aku sih waktu itu bawa sedikit pakaian karena emang mau beli beberapa baju di sana. Dan karena musim yang kita ambil adalah akhir musim gugur dan awal musim dingin jadi, aku siap-siap bawa baju tebal. O ya khusus buat aku sih aku bawa salonpas dan salep nyeri otot. Karena di sana bakal jalan jauh tiap hari dan aku jarang olahraga.
 
Wajah kucel ini artinya : Akhirnya sayaa sampai koreyaaaa..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Dokter Traveling Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei